Wednesday, January 30, 2008

Indonesia AirAsia Buka Rute Jakarta-Solo

Maskapai penerbangan Indonesia AirAsia (IAA) membuka penerbangan untuk rute Jakarta-Solo, ditandai penerbangan perdana, Senin (28/1). Pesawat perdana rute tersebut, bernomor QZ 7180, berangkat pukul 05.50 dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Indonesia dan tiba pukul 06.55 di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, dengan membawa 99 penumpang menggunakan pesawat Boeing 737-300.

"Kami membuka rute penerbangan Jakarta-Solo untuk memfasilitasi masyarakat Indonesia untuk dapat melakukan perjalanan menuju kota Solo menggunakan maskapai penerbangan berbiaya hemat namun tetap mengutamakan keamanan dan kualitas," kata Direktur Marketing dan Distribusi IAA, Widijastoro Nugroho, Senin (28/1) di Jakarta.


"Pembukaan rute ini juga salah satu bentuk dukungan kami terhadap pariwisata Solo, dimana kami mengharapkan masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Jakarta dapat menikmati keindahan dan sejarah kebudayaan kota Solo," ujar Widijastoro. Kini, IAA melayani penerbangan Jakarta-Solo, dua kali dalam sehari.


Berdasarkan data Dinas Pariwisata Solo, pada tahun 2006, tercatat kurang lebih 900.000 wisatawan dan kurang lebih 10.600 wisatawan internasional berkunjung ke Solo.

Kota Surakarta yang juga sangat dikenal sebagai Kota Solo, merupakan sebuah dataran rendah di cekungan lereng pegunungan Lawu dan pegunungan Merapi dengan ketinggian sekitar 92 meter di atas permukaan air laut.

Solo yang dialiri Sungai Bengawan Solo, mempunyai beberapa obyek wisata mumpuni seperti Keraton Kasunanan (Keraton Surakarta Hadiningrat), sebagai pusat pemerintahan Keraton Surakarta, dan dibangun pada waktu bersamaan dengan kota ini ditemukan.

Kota ini pun, memiliki beragam obyek wisata dan kesenian seperti Istana Mangkunegaraan, Kamung Batik Kauman, sampai Taman Ndalem Padmosusastro yang terletak di lingkungan Kalurahan Timuran Surakarta.

Senior Corporate Public Relations Air Asia, Ryana Yahya Nasution menambahkan, penerbangan perdana IAA rute Jakarta-Solo, tidak terhambat oleh prosesi pemakaman mantan Presiden Indonesia HM Soeharto, karena AirAsia tiba di Bandara Adi Soemarmo lebih awal. (RYO)