Wednesday, January 30, 2008

PT TRIGANA AIR DAPAT KUCURAN DANA RP 150 MILIAR

JAKARTA, SENIN - Bank Muamalat Indonesia (BMI), BNI Syariah (BS) dan International Leasing and Investment Company (ILIC) memberikan fasilitas kredit kepada PT Trigana Air Service (TGA) sebesar Rp150 miliar untuk meningkatkan kapasitas operasionalnya di Papua dan Kupang (Nusa Tenggara Timur). Bertindak selaku arranger adalah Bank Muamalat dan Al-Ijarah Agent Bank Muamalat.

Seperti dikutip dari Antara, Manajer Bisnis Keuangan Pusat BMI, Luluk Machfud di Jakarta, Senin (28/1) mengatakan, fasilitas kredit sebesar itu diberikan oleh ketiga lembaga keuangan masing-masing dari BMI sekitar Rp15 miliar, BNI Syariah Rp50 miliar, dan ILIC sebesar Rp85 miliar.

"Fasilitas kredit yang diberikan itu akan digunakan untuk membeli dua pesawat terbang dengan kapasitas 72 orang dan masa pengembalian selama lima tahun dengan bunga sebesar 15 persen per tahun," katanya.

Pemberian fasilitas kredit ini merupakan yang pertama kali bagi BMI kepada perusahaan yang bergerak di bidang angkutan kapal udara.

Dirut Bank Muamalat Indonesia, Riawan A Amin dalam kesempatan ini mengatakan, BMI menyambut baik program pembiayaan sindikasi yang menunjukkan bahwa BMI juga turut aktif dalam membangun negara terutama di sektor riil. Hal ini juga merupakan kebijakan BMI untuk turut serta membantu korporasi meningkatkan usaha yang dinilai sangat penting bagi pertumbuhan angkutan udara. Pemberian pembiayaan sindikasi tiga lembaga keuangan akan meminimal resiko, ujarnya.

Direktur BNI Syariah, Ismi Kusharyanto juga mengatakan, BNI Syariah hanya memberikan dana sindikasi sekitar Rp50 miliar karena prospeknya cukup bagus. "BNI Syariah menilai pembiayaan sindikasi ini sangat layak untuk diikuti, setelah mengikuti berbagai kajian yang dilakukannya," ucapnya.