Thursday, February 7, 2008

Garuda Operasikan Pesawat Boeing 777-200 ER

PT Garuda Indonesia beberapa tahun lagi bakal mengoperasikan pesawat Boeing 777-200 ER. Pesawat ini dalam waktu dekat akan dipesan dari pabriknya.

Direktur Operasi Garuda Ari Sapari mengatakan, pihak Garuda akan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan perusahaan Boeing dalam ajang Singapura Air Show yang rencananya digelar pada 18 Februari hingga 22 Februari 2008 mendatang.

"Kita akan meng-announce (mengumumkan) secara resmi di sana," kata Ari usai diskusi mengenai gangguan banjir Bandara Soekarno Hatta.

Targetnya, kata Ari, pesawat ini akan sampai ke Indonesia dan dioperasikan pada tahun 2010. Ditambahkan Ari, pemesanan pesawat ini dilakukan untuk menjawab permintaan akan pelayanan penerbangan Garuda yang terus bertambah.

Pesawat berbadan lebar ini diplot untuk memberikan pelayanan rute-rute luar negeri yang jarak terbangnya cukup jauh seperti Eropa, Timur Tengah dan Asia Timur.

Akan tetapi Ari tidak mau menyebutkan berapa nilai investasi pengadaan pesawat ini. Yang jelas, kata Ari, pengadaan Boeing 737-200 ER ini dilakukan dengan pola sewa beli. Pesawat disewa dulu dan dalam jangka waktu yang telah ditentukan akan menjadi milik Garuda.